APA ITU MATEMATIKA ???

eringkali kita denger banyak banget yang ngomong kenapa sih kita mesti belajar matematika?? Mana ujiannya susah,gak ngerti-ngerti dari dulu,kenapa harus ada matematika coba?g ada kerjaan banget nih orang-orang matematika,kutak katik angka hanya buat pusing anak orang coba??

                Itu mungkin sepenggal kalimat-kalimat penyesalan yang sering orang sampaikan ,bahakan mungkin kita yang ngomong saking stress liat persamaan matematika yang gak jelas,untuk anak SD ,SMP n sebagian SMA mungkin masih berkutat dengan aljabar yang njelimet,trigonometri n sejenisnya. Sebagian SMA dan mahasiswa teknik and sains yang mulai berjibaku dengan yang namanya KALKULUS saking njelimet n kesalnya tidak sedikit mengistilahkannya sebagai “CACING-CACING”.
                Sekali sekali kita kalau berada di posisinya mereka kita bakal bicara tentang hal yang sama,”kesal abislah….anjirrlah ini kita kenapa mesti berhadapan dengancacing-cacing gak jelas ini,kayak orang g ada kerjaan mikirnya ini mulu” , semua orang yang pertama kali menenmukan matematika mungkin memiliki persepsi yang sama tentang hal itu, tak luput dari semua itu saya juga mengalami hal yang sama dengan para pembaca sekalian, tapi kenapa sih matematika mesti dipelajari bahkan dari playgrup kita diajar menghitung 1,2,3,hingga 10,jangankan playgrup baru bisa ngomong mungkin orang tua kita menyuruh kita menghafal kata SATU,DUA,TIGA dan seterusnya.sebentar-sebentar kita akan terus ketemu dengan makhluk bernama matematika itu teur s sekama hidup kita ,gak kalo di surga TUHAN masih nyurh kita belajar matematika lagi atau tidak itu artinya kita bakal menemukan itu selama-lamanya amin heheheh
                Disini saya mungkin sedikit berbagi kenapa saya begitu suka sama matematika yang katanya njlimet,gak karuan,kurang ngajar n gak ada kerjaan itu, pernah gak sih kita berpikir tentang beberpa hal ini?? Kenapa kita “dipaksa” menghafal paling gak angka dan nomor saat kita pertama belajar berbicara? Kenapa ketika di sekolah kita ketemu matematika? Selain belajar membaca dan menulis kita pasti ketemu makhluk bernama MATEMATIKA? Kenapa dulu waktu ujian nasional selain bahasa Indonesia dan bahasa inggris kita pasti bertemu makhluk bernama MATEMATIKA? Mata kuliah wajib di universitas berbasis teknik n sains mest ngambil sains,meskipun kita gak bakal berkutat disitu terlalu banyak sekalipun?
Simpelnya kalo kita liat ujian nasional dulu,2 dari 3 mata pelajaran ujian nasional adalah bahasa berart ada indikasi bahwa matematika adalah semacam bahasa juga,orang DIKNAS gak mungkin nempatin matematika bersanding dengan 2 pelajaran bahasa tanpa alas an hubungan ketiganyakan??apa buktinya matematika itu bahasa,atau semacam bahasa?bahasa untuk apa?emang kita bicara pake matematika?past kalo kita mengategorikan matematika kedalam klasifikasi itu maka akan muncul pertanyaan itukan?
Logikanya seperti ini, bahasa Indonesia atau bahasa inggris itu tujuannya apa yah buat dipelajari? Buat berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain,satu kelompok dengan kelompok lain ,berkomunikasi itu tujuan utama adanya bahasa di muka bumi ini,paling gak tujuan adanya bahasa adalah agar ketika ada yang berbicara yang lainnya mengerti apa yang disampaikan lawan bicaranya ,kan? Ketika ada yang berbicara paling tidak kita mengerti apa yang mereka bicarakan ,jadi gak gagu n bloon n bingung ini orang ngomong apa gitu kan? Kayak kita ke luar negeri n orang diluar negeri ngmong kita hanya bingung gak ngerti,makanya untuk mengantisipasi hal itu kita belajar bahasa tempat yang akan kita kunjungi paling gak mengerti apa yang mereka bicarakan n omongkan ke kita ato ke orang lain?
Apa kaitannya itu dengan matematika? Percaya apa tidak ,manusia ,kita tidak hidup sendiri dengan alas an apapun,dan hal terdekat dengan kita adalah ALAM, alam selalu bersama-sama dengan kita , alam dalam arti partikel-partikel yang paling kecil hingga alam semesta luas ini, kita selalu hidup bersama-sama ALAM ini hanya saja kita tidak pernah berkomunikasi dengan mereka (abaikan keberadaan metafisika dan sifat keTuhanan) kita manusia hidup berdampingan dengan alam dan berinteraksi dengannya tetapi kita g pernah berbicara atau berkomunikasi dengan mereka . berarti untuk apa kita ada bersama-sama dengannya “USELESS” bangetkan . adanya keinginan berkomunikasi dengan alam menggerakkan kita,manusia untuk paling tidak mengerti apa yang ada di ALAM ini, percaya atau tidak satu-satunya cara untuk mengerti keberadaan ala mini dapat kita mengerti lewat makhluk bernama MATEMATIKA ini,yang kita anggap g ada kerjaan ini. Believe or not , matematikalah satu-satunya “bahasa” yang buat kita mengerti apa yang sedang dan sudah alam sampaikan ke kita.
Satu hal yang buat saya takjub dengan manusia terutama bapak-bapak matematika adalah mereka berupaya membuat semua teorema dn hokum matematika itu, bagaimana mereka mereka dengan kebrilianan otak mereka itu mendeteksi bahwa iniloh fasilitator kita dengan alam kalo mw mengerti dengan saudara kita ini. Satu kalimat yang mungkin paling cocok adalah semakin rumit suatu persamaan di matematika maka semakin mendekati dengan kemauannya alam, dari aljabar ke kalkulus n trigonometri dan metrics kita bisa liat bahwa semakin jelas bahwa inloh yang sebenarnya terjadi dengan alam kita.
Pernahkah kita berpikir bahwa manusia gak mungkin menyentuh proton ,neutron atau bahkan galaksi sebesar itu tapi dengan matematika kita bisa tau bahwa makhluk-makhluk itu punya sifat seperti apa?super sekali bukan? Bahkan dengan matematika yang lebih rumit lagi kita bisa mengerti bahwa ruang itu bisa bisa melengkung, tidak perlu kita kesana menyntuhnya atau melihatnya tetapi kita bisa tau bahwa hal itu sungguh-singguh ada.kita gak perlu ke matahari atau bulan untuk tau berapa besarnya n suhunya,hanya dengan matematika, kita gak perlu ke kutub utara atau negara2 di belahan bumi lain untuk tau berapa suh disana tetapi dengan matematika kita bisa memperkirakaannya, bahkan semua gejala alam dapat kita mengerti dengan fasilitator yaitu MATEMATIKA. Super sekali bukan?
Kalo untuk mengerti indahnya alam bekerja ,berarti matematika itu most important bangetkan, masih bertanya buat apa matematika? Dalami dan mengertilah “saudara”mu dan keindahannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s